Monday 20 July 2009

Kerajaan Hittite Dalam Atlas Al Qur'an

Kerajaan Hittite

Kerajaan Hittite adalah sebuah kerajaan yang mendiami sebagian wilayah Negara Turki dan sebagian Syria[1]sekarang. Bangsa ini hidup dan berkembang pada abad ke-19 sebelum masehi.[2] Carchemish adalah salah satu kota terkenal di kerajaan Hittite yang terletak di sebelah tenggara Anatolia dan sebelah utara Syria. Sumber utama tentang negeri ini didapat dari catatan negeri Mesir pada generasi ke-19 Dinastinya, dan juga didapat dari catatan bible. Mitologi Kerajaan Hittite mengenal adanya bermacam-macam dewa, yang mereka istilahkan dengan “seribu dewa dari Hatti”.[3]Sementara mereka juga mengenal adanya dewi Matahari (Goddess Arinna),[4] sebagaimana pada peta negara Turki diatas sebagai bekas reruntuhan kerajaan Hittite, jelas juga dilalui oleh koordinat 410 yang menggambarkan tentang penjelasan surat Fushilat (41) ayat 37 diatas. Hal ini kembali memberi penjelasan bagi kita tentang kebenaran Al Qur’anul Karim. Dibawah ini dapat kita lihat peta daerah kekuasaan kerajaan Hittite yang lebih dahulu mendiami wilayah besar di daerah Turki sebelum Yunani dan Romawi serta Persia. Peta wilayah kekuasaan Kerajaan Hittite tersebut adalah sebagian wilayah Turki sekarang yakni di tanah Anatolia. Wilayah ini pada masa belakangan menjadi wilayah perebutan dari Imperium-imperium besar seperti Romawi dan Persia.



[1] Hittites (Hebrew Hittim), ancient people of Asia Minor and the Middle East, inhabiting the land of Hatti on the central plateau of what is now Anatolia, Turkey, and some areas of northern Syria. Microsoft ® Encarta ® Reference Library 2005. © 1993-2004 Microsoft Corporation.

[2] They invaded the region, which became known as Hatti, about 1900 bc. Microsoft ® Encarta ® Reference Library 2005. © 1993-2004 Microsoft Corporation.

[3] The Hittites worshiped a variety of gods. A recurrent phrase in state documents is an invocation to the “thousand gods of Hatti Microsoft ® Encarta ® Reference Library 2005. © 1993-2004 Microsoft Corporation.

[4] The sun goddess of Arinna, a place near Hattusas, was particularly venerated by the Hittite kings. There were also numerous infernal gods and demons. Ancient Middle eastern religions. Microsoft ® Encarta ® Reference Library 2005. © 1993-2004 Microsoft Corporation.

No comments:

Post a Comment